Free Cheat || Free Game || Free Full Version Software || Free Tutorial


Tips dan cara-cara merawat dan menghemat baterai laptop atau notebook

Share on :

Bagi kalian pengguna laptop / notebook yang sering menggunakannya untuk main game, bekerja, online dan sebagainya dengan lama, pasti yang kalian tidak suka pada saat battery anda sedang low, dan butuh di charge secepatnya. Saya akan memberikan beberapa Tips / Cara-cara merawat baterai laptop dan cara menghemat baterai laptop atau notebook tersebut.


Langsung aja saya berikan tips tentang cara merawat baterai laptop atau notebook :

1. selalu gunakan charger dan baterai yang ORIGINAL,,,dan kompatibel dengan perangkatnya
2. jangan letakkan laptop pada permukaan yang lunak.,,,,seperti;kasur sofa ,maupun pangkuan,,,,hai itu daoat menyebabkan terhambatnya sirklasi udara pada bagian ventilasi laptop dan dapat menimbulkan OVERHEATING

3.jangan biarkan laptop tertimpa barang yang berat,,,,karena itu akan menekan LCD atau layar laptop sehingga pecah 

4. Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek terbuat dari metal, seperti penjepit kertas, koin tipis, dan sebagainya.
5. hindari laptop dari benturan yang keras,,,seperti terjatuh..terbentur,,,,karena akan membuat jalur jalur micro pada laptop menjadi terhimpit bahkan menempel dan terjadi arus pendek atau OVRHEATING sangat di rekomendasikan untuk memakai tas yang di penuhi banyak busa /spons untuk sedikit mengurangi frekuensi getaran pada saat beraktivitas
6. Jangan letakkan notebook di aera yang dapat menjadi sangat panas, semisal di bawah terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka saat siang hari.
7. Menjadi basah atau terkena air, adalah hal yang harus dihindari dari notebook ataupun baterainya. Meskipun nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam notebook ataupun baterai secara perlahan akan berkarat dan membuat rentan keselamatan penggunanya.
8. Pastikan Anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan men-chargebaterai dan notebook yang telah tertulis di dalam buku manual.

Sedangkan untuk menghemat Baterai laptop atau notebook, anda dapat melakukan hal-hal berikut :

1. Lakukan defrag secara teratur
Semakin cepat kinerja hard drive anda maka semakin hemat baterai anda, oleh karena itu buat hard drive anda seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur.
2. Kurangi cahaya monitor anda
Untuk menghemat energi baterai anda, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata anda.
3. Matikan program yang tidak perlu
Itunes, Desktop Search, dan lainnya. Semua program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai.
4. Matikan hardware eksternal
Alat-alat dengan USB (termasuk mouse anda) dan WiFi, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan mereka jika tidak digunakan. Sekarang anda tahu bahwa mengisi ulang iPod anda di laptop adalah suatu ide yang buruk.
5. Tambahkan RAM
Jika anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, maka ini adalah cara yang lebih efisien daripada menggunakan virtual memory yang lebih membebankan hard drive sehingga baterai laptop juga boros.
6. Gunakan hard drive daripada CD/DVD
Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi, bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Sebisa mungkin gunakan program virtual drive seperti Alcohol 120% atau daemon .
7. Jaga kebersihan baterai.
Bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai anda menjadi lebih efisien.
8. Jaga kondisi baterai.
Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop anda Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.
9. Pilih hibernate, jangan standby
Walaupun mode standby dapat menghemat baterai dan anda dapat langsung menggunakan laptop anda kapan saja, tetapi fungsi hibernate dapat menghemat energi jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop anda.
10. Jaga suhu laptop anda.
Laptop anda berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Bersihkan ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard.
11. Atur ‘power options’ supaya optimal
Pilih ‘Power Options’ di control panel anda dan aturlah supaya penggunaan energi laptop tetap optimal (pilih ?ax battery? untuk efek maksimum).
12. Hindari multitasking
Lakukan sesuatu secara satu persatu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda.
13. Kurangi beban CPU anda.
Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas anda dengan bijaksana.
14. Kurangi beban grafis
Anda bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar anda dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.
15. ketika anda mencharge,,,,usahakan charge sampai penuh ,,,apabila tidak di charge sampai penuh....maka ini akan membuat baterai laptop menjadi extra down /drop abis

16.bila anda ingin nge charge baterai.....sebaiknya tunggu sampai critical system dari OS anda muncul baru boleh melakukan charging
17.bila anda bekerja dengan laptop dalam waktu yg lama,,,,,direkomendasikan untuk memakai sumber AC ketimbang sumber DC,,,
18.bila di rumah anda tidak ada stabillizer,,dan anda menggunakan sumber AC,,sebaiknya anda menggunakan UPS untuk laptop anda agar tidak terjandi konslet pada partikel2 pada laptop anda,,,,
19..dan ini yang paling penting bagi pengguna LI-ION sangat tidak diperbolehkan untuk membiarkan baterai dalam keadaan KOSONG MELOMPONG <0%> karena itu akan membuat kualitas baterai menjadi turun hingga 60%
Baca Juga Yang Ini!!

0 komentar on Tips dan cara-cara merawat dan menghemat baterai laptop atau notebook :

Post a Comment and Don't Spam!

Jika menurut kalian Artikel saya bermanfaat Silahkan Share ke Facebook, Twitter, Blog, atc Tetapi Tolong Cantumkan Link Sumber Blog saya.
Hargailah Karya Orang Lain.
Dan Juga Silahkan kalian Copas Artikel Saya Tapi dimohonkan untuk menghargai karya saya dengan cara untuk tidak menghapus tanda seperti ini =>
Read more : http://critical-software.blogspot.com/#ixzz20Ow8lqVY
Follow us: @Rivaldy_Oxf on Twitter | RivaldycBlogger on Facebook
.
Thanks.
Jangan Lupa Untuk meninggalkan Jejak keberadaan anda dengan Like artikel & FP kami :)
__________________________________________________
Gunakanlah Bahasa Yang Sopan , Santun dan sewajar.nya :)
DAN JANGAN MALU UNTUK BERKOMENTAR GAN!! :)