Free Cheat || Free Game || Free Full Version Software || Free Tutorial

Cara memasang Harddisk + Floppy Drive ke dalam Casing ATX

Share on :

Kali ini posting CS akan membahas tentang Cara memasang HardDisk dan Floppy Drive. Langsung aja di tengok gan..


Memasang Harddisk

Untuk memasang harddisk ke casing langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal jenis harddisk yang akan anda gunakan. saya tidak akan menjelaskan setiap jenis harddisk di artikel ini, mungkin artikel selanjutnya. Singkatnya harddisk yang sering digunakan saat ini yaitu hardisk ATA dan SATA. Bila anda memakai harddisk ATA maka kabel penghubung dari harddisk ke motherboard yang harus anda gunakan yaitu kabel IDE, dan bila anda menggunakan harddisk SATA maka kabelnya kabel SATA. Perbedaan fisiknya, kabel ATA leih lebar dari pada kabel SATA. Biasanya kabel ATA digunakan untuk beberapa perangkat lain selain daripada harddisk seperti : CD- Rom, DVD - Rom, dll.

Cara Memasang Harddisk ke Casing
1. Buka casing komputer.
2. Pilih salah satu tempat pada casing untuk dipasangi harddisk. ( biasanya berada pada bagian depan casing dan memiliki penyekat sesuai ukuran harddisk )
3. Posisi pemsangannya adalah, bagian yang memiliki konektor kabel berada dibelakang dan yang masuk ke dalam ( ke bagian depan casing ) adalah bagian yang tidak memiliki konektor apapun.
4. Dalam memasukan harddisk, perhatikan lubang yang berada di harddisk dan di penyekat tempat harddisk berada, samakan posisinya dan sekrup dengan menggunakan obeng dan mur.
5. Pasangkan kabel listrik dari powersupply ( gunakan logika anda, konektor yang manakah yang akan masuk pada harddisk ). Dan tepatkan posisi kabel warna kuning dibagian terluar dari harddisk. ( lihat videonya ).
6. Pasangkan kabel IDE dari harddisk ke motherboard. Lihat posisinya, biasanya dibagian atas ada cekukan untuk penyesuaian antara harddisk dengan kabel. Begitu pula dengan motherboard.
7. Ingat pasang kabel IDE ke konektor IDE pada motherboard, biasanya ada dua konektor yang sama seperti itu dan posisinya sejajar. Anda baca dibagian bawah motherboard ada tulisan IDE 0 dan IDE 1, (pasang di IDE 0 ). Yang IDE 1 untuk DVD atau CD - ROM.

2. Memasang Drive
Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut: Cara memasang adapter:Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
  1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
  2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
  3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
  4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
  5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
  6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
  7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.
Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya.
rakit17.jpg

Keselamatan Kerja 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perakitan PC, yaitu memperhatikan keselamatan kerja perakitan komputer. Hal-hal tersebut meliputi :

-Pastikan tangan dalam kondisi kering
-Gunakan peralatan sebagaimana fungsinya
-Hindari memegang langsung chip IC pada komponen, seperti prosesor dan motherboard untuk menghindari listrik statis pada tubuh kita
-Gunakan alas kaki dari karet atau melakukan perakitan di atas karpet untuk menghindari kejutan listrik
-Hindari menggunakan perhiasan dari logam seperti cincin, gelang dan jam tangan.
-Sebaiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Idealnya sih memang di ruangan ber-AC (air condition). 
-Siapkan meja kerja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan, serta taruh sebuah kursi yang nyaman.
-Jangan merokok, karena abu rokok bisa mengotori dan merusak komponen PC, terutama prosesor. Tempatkan air minum Anda jauh dari meja kerja.
-Gunakan pula lampu penerangan yang cukup kuat. 


Baca Juga Yang Ini!!

1 komentar:

Used PC Exporter mengatakan... 2 Agustus 2017 19.28

Nice Blog Post !

Post a Comment and Don't Spam!

Jika menurut kalian Artikel saya bermanfaat Silahkan Share ke Facebook, Twitter, Blog, atc Tetapi Tolong Cantumkan Link Sumber Blog saya.
Hargailah Karya Orang Lain.
Dan Juga Silahkan kalian Copas Artikel Saya Tapi dimohonkan untuk menghargai karya saya dengan cara untuk tidak menghapus tanda seperti ini =>
Read more : http://critical-software.blogspot.com/#ixzz20Ow8lqVY
Follow us: @Rivaldy_Oxf on Twitter | RivaldycBlogger on Facebook
.
Thanks.
Jangan Lupa Untuk meninggalkan Jejak keberadaan anda dengan Like artikel & FP kami :)
__________________________________________________
Gunakanlah Bahasa Yang Sopan , Santun dan sewajar.nya :)
DAN JANGAN MALU UNTUK BERKOMENTAR GAN!! :)